Ismilyasih’s Weblog

Oktober 26, 2007

makanan indonesia terkenal karena enaknya

Filed under: Makanan — ismilyasih @ 8:48 am

Makanan Indonesia terkenal karena enaknya. Tanah di Indonesia subur sekali, dan petani-petani bisa menanam berbagai macam buah dan sayur. Di setiap kampung, banyak ayam berlari-larian di antara rumah; pohon kelapa, pisang dan papaya bertumbuh di mana-mana. Orang Indonesia suka masak, tapi mereka juga sering makan di luar rumah, di warung atau di restoran. Makanan yang bermacam-macam dan enak sekali dijual di mana-mana.

Kalau Anda tergesa-gesa, dan mau makan dengan cepat, cobalah pedagang kaki lima yang ada di jalan-jalan kota. Biasanya, kedai-kedai yang beroda ini menjual hanya satu macam makanan, seperti nasi goreng, sate, atau bakso. Di tempat-tempat yang ramai ada banyak pedagang kaki lima. Misalnya, kalau Anda pergi ke pusat kota atau ke pasar, pasti ada banyak pedagang yang menjual berbagai-bagai makanan. Apalagi, harganya biasanya lebih murah daripada makanan di restoran (tetapi mungkin harus tawar-menawar dulu).

Kalau Anda tidak mau membeli makanan dari kaki lima, bisa masuk warung. Warung seperti restoran kecil, yang biasanya punya tiga atau empat meja saja. Sama dengan pedagang kaki lima, setiap warung biasanya menjual hanya dua atau tiga hidangan. Kalau Anda punya sedikit lebih banyak uang, dan mau makan di tempat yang lebih mewah, bisa masuk restoran. Di restoran ada berbagai macam makanan. Ada restoran yang mengkhususkan makanan dari Cina, Jawa, Sumatra dan banyak daerah lain (termasuk makanan Barat, kalau Anda merasa rindu).

Makanan Indonesia terkenal karena pedasnya. Orang Indonesia suka makan banyak cabe. (Cabe juga dinamakan “lombok” di beberapa daerah.) Ada banyak macam cabe — ada yang kecil (seperti cabe rawit), yang panjang, yang merah dan yang hijau. Cabe bisa dimasukkan ke dalam makanan pada waktu dimasak, atau ditambah waktu dihidangankan atau dimakan. Di restoran Indonesia selalu ada semacam sambal (saus cabe) di atas meja, dan sering juga ada semangkok cabe rawit. Orang Indonesia suka makanan pedas, terutama di Sumatra; masakan Padang (dari Sumatra Barat) termasuk banyak hidangan seperti rendang, yang pedas sekali. Pemakaian cabe (dan bumbu-bumbu lain) tidak hanya karena rasanya; bumbu membuat makanan tahan lebih lama, sesuatu yang penting, karena dalam cuaca yang panas sekali, makanan bisa membusuk dengan cepat.

Kelapa juga bahan yang penting sekali dalam masakan Indonesia. Pohon kelapa bisa tumbuh di hampir semua pulau Indonesia, dan penduduk setempat sudah lama memakainya dalam hidangan pedas dan juga dalam kue-kue. Daging dan sayur sering digoreng dalam minyak kelapa, atau direbus dalam santan. Di pulau Jawa, kacang tanah juga sering dipakai untuk memberi rasa yang sedikit manis, seperti dalam hidangan gado-gado. Kalau mau melihat resep gado-gado dan hidangan lainnya dari Indonesia.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: